indonesia English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 04 Oktober 2010

Ilmuwan Gantikan Transistor dari Silikon ke Nanotube


PDF Print E-mail
Written by Admin Website Fisika Undip   
Monday, 14 June 2010

Para ilmuwan melihat kemungkinan penggantian silikon pada transistor di komputer dengan nanotube karbon. Dipercaya teknologi ini akan menjadikan komputer semakin cepat.

Adalah ilmuwan Johannes Svensson dari Departemen Fisika di University of Gothenburg telah menyelidiki pembuatan dan penggunaan nanotube karbon dalam tesis PhD-nya.

"Tadinya saya tidak percaya bahwa hal itu akan lebih murah untuk membangun transistor dengan bahan lain selain silikon, tetapi nanotube karbon dapat digunakan untuk menghasilkan komponen yang lebih kecil dan lebih cepat. Teknologi ini juga akan menghasilkan komputer yang mengonsumsi sedikit energi.

Perkembangan luar biasa dari industri komputer telah terjadi setelah penemuan sirkuit terpadu atau transistor di tahun 1950-an, yang merupakan komponen paling penting dari semua prosesor, yang menjadikannya menjadi semakin cepat. Bahan semikonduktor yang paling umum dalam transistor adalah silikon karena murah dan mudah untuk diproses. Namun silikon memiliki keterbatasan.

Ukuran transistor dari silikon mempengaruhi dalam meningkatkan kecepatan komputer, masalah timbul lainnya adalah peningkatan konsumsi energi dan variasi yang besar pada properti transistor.

Dengan melakukan pertukaran silikon dalam saluran dengan nanotube karbon, transistor dapat dibuat baik, lebih kecil dan lebih cepat dari transistor saat ini.

Nanotube merupakan molekul karbon berbentuk silinder berongga dengan diameter sekitar satu nanometer yang terdiri dari karbon murni.

"Karbon nanotube tumbuh secara acak dan tidak mungkin untuk mengendalikan baik posisi mereka atau arah. Oleh karena itu saya telah menerapkan medan listrik untuk memandu tabung saat mereka tumbuh," sebut Svensson.

Masalah lain yang harus diselesaikan saat nanotube terintegrasi ke dalam rangkaian yang lebih besar adalah sulitnya manufaktur kontak logam yang baik untuk tabung.

Penelitian Svensson telah menunjukkan bahwa sifat kontak tergantung pada diameter nanotube. Memilih diameter yang benar akan memungkinkan kontak yang baik dengan resistansi rendah yang akan dicapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar